PROGRAM VOIP ( voice over internet protocol )





1.  pengertian voip adalah : teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. data suara di ubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan  yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.


2.  kebutuhan perangkat voip : 

   - X-lite : sebagai softphone untuk memanngil/menerima telepon

   - IP phone : sebagai hardphone untuk memanngil dan menerima telepon

  - Briker : sebagai operating sistem VOIP

  - Server : sebagai pusat pengolahan data pada jaringan VOIP 
  
  - Modem : sebagai koneksi apabila server VOIP ada di jaringan internet  

  perangkat lainnya : 

1. HUB/switch adalah sebuah alat jaringan komputer sebagai central atau pusat untuk membagi koneksi yang saling terhubung dengan port-port lainnya.

2. Router adalah perangkat jaringan yang di gunakan untuk membagi protocol kepada anngota jaringan yang lainnya.

3. ADSL modem merupakan singkatan dari asymmetric digital subscriber line yaitu suatu bentuk teknologi pada komunikasi data yang dapat mentrasminisikan data dengan cepat yang tinngi melalui kabel tembaga telepon dan memiliki sifat asimetrik.

4. VOIP phone adaptor konsep dasar penngunaab circuit switching yaitu sebuah jalur komunikasi akan di buka dan di pesan selama terjadi komunikasi.


3. konsep kerja server soft switch : softswitch merupakan kumpulan dari beberapa perangkat protokol dan aplikas yang memungkinkan perangkat-perangkat lain dapat mengakses layanan telekomunikasi atau internet berbasis jaringan IO dimana seluruh prosesnyadilakukan dengan menjalankan software pada suatu sistem komputer. 



 Cara Kerja Softswitch
Softswitch , Ketika pelanggan gateway dan telepon Ip mengirimkan sinyal satu sama lain dalam jaringan paket dengan menggunakan protokol Ip teleponi seperti H.323 atau SIP. Setelah sinyal diterima  softswitch akan mengidentifikasikan panggilan yang masuk apakah berasl dari jaringan PSTN atau Jaringan IP . Jika dipanggil menggunakan jaringan IP, softswitch akan menginstrusikan originating customer gateway dan  terminating customer gateway untuk merutekan packetized vice stream secara langsung. Softswitch mengontrol pembentukan (setup) dan pemutusan (release)panggilan dari dan ke pelanggan dan sekaligus mengatur hubunganpelanggan tersebut dengan internet secara simultan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pengertian sip dan instalasi softswitch berbasis sip

BAGAN DAN KONSEP PBX PADA SERVER SOFTSWITCH