STANDAR KOMUNIKASI OSI LAYER



STANDAR OSI
      OSI ( open system interconnections ) adalah sebuah standar untuk model jaringan yang di ciptakan oleh ISO ( International standards organization ) bekerja sama dengan organisasi lain seperti ITU ( interbational telecommunications union ), EIA ( electronic industries association ), dan lain-lain. standar osi dibuat agar perangkat/platfrom dari berbagai pabrikan dapat berkomunikasi karena pada masa itu belum ada model baku dari jaringan yang dapat berkomunikasi antara platform dengan pabrikan yang berbeda.

penjelasan tujuh layer OSI
  1. layer OSI ke-1 lapisan fisik (physical layer)
        lapisan ini menangani operasi-operasi yang berkaitan langsung dengan medium fisik seperti kabel, wifi, modem dan sebagainya. data mentahnya berbentuk sinyal-sinyal listrik. data bit di kirim berupa 1 (satu) dan 0 (nol) . 0 (nol) berhubungan dengan sinyal tegangan rendah dan satu (1) berhubungan `dengan sinyal teganngan tinngi.
2. layer OSI ke-2 lapisan data link (datalink layer)
        tanngung jawab lapisan ini adalah transmisi data melalui media komunikasi. nol (0) dan satu (1) yang digunakan pada komunikasi di kelompokkan dalam enkapsulasi logis.enkapsulasi tersebut disebut frame.
3. layer OSI ke-3 lapisan jaringan (network layer)
      ketika sebuah paket data ingin mencapai tujuan tertentu, maka paket data tersebut harus melintas melalui lapisan ini.lapisan ini mengendalikan aliran paket data yang akan di bawa kepenerima.
4. layer OSI ke-4 lapisan transportasi ( transport layer)
       lapisan ini bertugas untuk memastikan kualitas dan kehandalan komunikasi. switching paket datasepenuhnya di tangani pada lapisan ini. ada dua jenis paket switching yaitu connectionless packet switching dan connection oriented packet switching. lapisan ini mengatur bagaimana data atau informasi akan di bawa ke tempat tujuan dengan memilih fasilitas pengiriman melalui sistem transmisi.
5. layer OSI ke-5 session layer
    lapisan ini bertugas mengendalikan pola komunikasi antar node. komunikasi antar node biasanya di bedakan menjadi :
- simplex: satu node berfungsi sebagai pengirim saja dan node lain hanya berfungsisebagai penerima saja
- half duplex : beberapa node bisa saling mengirim atau menerima dan tetapi secara bergantian
- full duplex : semua node dapat saling bertukar informasi pada waktu yang bersamaan proses komunikasi pada lapisan ini .
6. layer OSI ke-6 presentation layer
    lapisan ini bertugas untuk menerjemahkan data yang di kirim  maupun yang diterima agar bisa di tampilkan di layar aplikasi kode standar yang di gunakan pada protocol OSI adalah abstract syntax  representation,  revisi  ( ASN 1). pada protocolTCP/ip menngunakan code standar external data repretation ( XDR), yang di gunakan dalam network file system ( NFS).
7. layer OSI ke-7 application layer
     lapisan ini mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan pertukaran data atau informasi di antara user, software aplikasi atau perangkat lapisan ini merupakan lapisan yang sering berinteraksi dengan manusia tiap aplikasi mempunyai protokol yang berbeda , misalnya FTP dan FTAM untuk aplikasi yang berkaitan dengan file, SNMP atau CMIP untuk aplikasi manajemen jaringan dansebagainya layer ini menyediakan pelayanan aplikasi bagi user, yang di gunakan untuk berkomunikasi melakukan jaringan seperti :
- WEB, digunakan untuk browser
- E-mail untuk mengirim mail ke user lain
- telnet, gopher dsb

INTERNET STANDAR 
 dalam teknik jaringan komputer, standar internet di singkat ( STS ) spesifikasi normatif teknologi atau metodologi yang berlaku ke internet. standar internet di ciptakan dan di terbitkan oleh internet engineering task force ( IETF ) semua standar internet di beri nomer dalam seri STD- dokumen pertama dalam seri ini , STD 1, menngambarkan dokumen yang tersisa dalam seri, dan memiliki daftar standar usulan.

     

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pengertian sip dan instalasi softswitch berbasis sip

BAGAN DAN KONSEP PBX PADA SERVER SOFTSWITCH